Senin, 03 Oktober 2016

Corning's ‘A Day Made of Glass’ Akhirnya Menjadi Kenyataan




      A Day Made of Glass merupakan sebuah Video pendek berdurasi 5 menit 33 detik yang dirilis oleh Corning pada 7 Februari 2011. Video ini merupakan bagian pertama dari 3 video rangkain A Day Made of Glass yang telah dirilis oleh Corning yang bercerita mengenai pandangan masa depan dimana terdapat perubahan yang terjadi pada dunia dalam bidang teknologi komunikasi. Perubahan tersebut ditandai dengan terciptanya Kaca yang bersifat Layar sentuh yang interaktif dan serbaguna serta dapat membantu manusia tetap terhubung antar satu dan yang lain melalui pengiriman informasi real-time kapan saja dan dimana saja. A Day Made of Glass ditonton sebanyak 8 juta kali oleh para pengguna internet melalui youtube hanya sebulan setelah dirilis dan menjadikannya sebagai video perusahaan yang paling banyak dilihat sepanjang masa dan saat ini telah mencapai lebih dari 25 juta view.

Pandangan Masa Depan Teknologi Komunikasi Dalam A Day Made of Glass
Corning sedang bergerak dalam penelitian yang mengedepankan keberadaan permukaan kaca interaktif seperti yang mereka gambarkan pada video A Day Made of Glass. Penelitian tersebut berfokus pada kaca, bermitra dengan teknologi pendamping, yang berusaha diciptakan untuk mencapai teknologi komunikasi yang lebih efektif dan efisien bagi kehidupan manusia di masa yang akan datang. Chairman dan CEO dari Corning Incorporated Wendell Weeks mengatakan rencana Corning untuk masa depan mencakup sebuah dunia di mana permukaan biasa berubah dari satu dimensi utilitas ke dalam perangkat elektronik canggih.
Video A Day Made of Glass ini menggambarkan sebuah dunia di mana permukaan kaca interaktif dapat membantu manusia tetap terhubung melalui pengiriman informasi real-time dimana saja dan kapan saja- di saat manusia sedang bekerja, berbelanja, makan, atau bersantai . Pandangan ini menggambarkan keinginan terciptanya dunia dimana terdapat adanya kemudahan dan kualitas komunikasi.. Saat ini bahkan kita sudah dapat melakukan streaming film pada sebuah televisi dan melakukan panggilan video pada komputer notebook, pada dasarnya secara gratis. .

A Day Made of Glass dan Kesempatan Aplikasi Pandangan Masa Depannya di Indonesia
Di dalam video A Day Made of Glass, Corning mengedepankan bahwa pandangan masa depan yang mereka miliki merupakan sesuatu yang diharapkan bisa terjadi di dalam waktu dekat atau mereka menyebutnya dengan istilah “near future”. Di dalam video ini juga dikedepankan penggunaan layar sentuh pada kaca yang interaktif agar dapat memudahkan penggunaan kaca sebagai media atau alat komunikasi. Globalisasi mendorong adanya kemajuan teknologi khususnya di bidang informasi dan komunikasi dan menjadikan dunia sebagai suatu pasar tunggal bersama.
Kemajuan teknologi di bidang informasi dan komunikasi semakin memperlihatkan perkembangannya dan bahkan memengaruhi meliputi aspek ekonomi, sosial, budaya, hukum, agama, dan politik. Perkembangan teknologi tersebut jika dimanfaatkan secara tepat akan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat suatu bangsa. Jumlah penduduk Indonesia yang lebih dari dua ratus juta jiwa, membuat Indonesia sebagai lahan bisnis bagi para produsen alat teknologi informasi dan komunikasi.
Salah satu inovasi teknologi informasi dan komunikasi yang sedang sangat populer di Indonesia adalah teknologi Layar sentuh atau (touch screen) pada suatu alat telekomunikasi. Teknologi ini disukai karena memudahkan pengguna dalam memberikan instruksi kepada device yang mereka miliki, hanya melalui sentuhan tanpa harus menekan tombol-tombol apapun.   
Berbicara tentang teknologi Layar Sentuh atau (touch screen), berkembangnya teknologi tersebut akhir-akhir ini membuat para produsen alat telekomunikasi saling berlomba untuk mengaplikasikan teknologi tersebut pada produk yang akan dipasarkannya agar semakin menarik minat pasar. Melihat antusiasme masyarakat Indonesia terhadap teknologi layar sentuh, memperlihatkan bahwa masyarakat Indonesia juga telah siap dengan adanya teknologi komunikasi berbasis layar sentuh berupa kaca yang interaktif seperti yang ada di dalam video A Day Made of Glass.

A Day Made of Glass
A Day Made Of Glass merupakan suatu konsep dimana aktivitas keseharian manusia ditunjang melalui teknologi yang berbasis Digital Signage dengan material dasarnya adalah kaca. Pemilihan material kaca karena kaca merupakan material yang tangguh namun tipis dan ringan. Sifat ini yang dapat menjawab kebuhan masa depan terkait bahan lain yang biasanya digunakan sebagai material dasar barang elektronik seperti besin atau baja. Selain itu kaca juga merupakan isolator sehingga tidak mudah panas dan tidak berbahaya akan aliran listrik. Dan yang terpenting adalah kaca dapat mengaktifkan sirkuit elektronik yang kompleks dan mengandung nano teknologi sehingga memudahkan untuk diaplikasikan di material tersebut.

Digital Signage
Digital Signage merupakan merupakan bentuk dari suatu perangkat elektronik yang diatur oleh suatu sistem komputer baik secara otomatis maupun dikontrol oleh manusia. Digital signage yang sederhana adalah televisi. Selain itu, digital signage dapat berbentuk LCD, LED, plasma displays, dan  sebagainya.
Digital Signage mengarah kepada electronically controlled signs yang dapat diperbaharui secara cepat dengan biaya yang murah, dan pesan yang ingin disampaikan dapat terkirim ke ratusan atau bahkan ribuan display dalam satu waktu secara bersamaan.
Digital Signage mensupport penuh semua klasifikasi media digital, termasuk text, still images, audio, animasi dan video.


Corning juga meningkatkan pengalaman Anda dalam mengendarai mobil dengan cara Corning kaca khusus, yang memudahkan dalam hal berkendara dan mampu menampilkan HUD sangat maju.



Corning juga memberikan kesempatan unik untuk berbelanja online, yang memungkinkan konsumen untuk mengalami interaktivitas belanja online dalam pengaturan dunia nyata. Ini berarti bahwa pengguna dapat mencampur dan mencocokkan item pakaian, memilih pakaian untuk pergi dengan sepasang sepatu yang mereka punya tanpa harus mencari di sekitar toko.


Kesimpulan
Pada video "A Day Made of Glass" ini tentunya membantu menjawab kebutuhan aktivitas keseharian manusia seperti menunjang efisiensi waktu dan kepraktisan yang dipadatkan dalam beraktivitas. Konsep ini menunjang kebutuhan beraktivitas berbasiskan teknologi tinggi dan futuristik, yaitu berbasis digital signage yang berintegrasi dengan smartphone / smartgadget dan bermaterial dari bahan kaca, bahan yang dinilai paling baik untuk menerapkan teknologi tersebut.
Dengan teknologi tinggi, bukan berarti teknologi ini tidak memiliki dampak positif dan negatifnya. berikut adalah dampak teknologi tinggi tersebut :
A. Dampak Positif dari teknologi tersebut
    1. Dapat mengubah prilaku manusia menjadi lebih praktis dan dinamis
    2. Dapat membantu mendorong perkembangan suatu wilayah seperti perkotaan untuk menjadi lebih produktif dan menunjang kegiatan penduduknya
B. Dampak negatif dari teknologi tersebut
    1. Dapat memungkinkan memberikan dampak negatif terhadap kesehatan diakibatkan oleh gelombang elektromagnetnya.

0 komentar:

Posting Komentar